Myspace LayoutsMyspace Layouts

Harry Potter Search Engine

Monache.com Community Login Box

Minggu, 29 Mei 2011

Helios

Dalam mitologi Yunani, matahari dipersonifikasikan sebagai Helios (diucapkan / li.ɒs hi ː /, Yunani: Ἥλιος "matahari", Latin sebagai Helius). Homer sering memanggilnya hanya Titan atau Hyperion, sementara Hesiod (Theogony 371) dan Himne Homer terpisah dia sebagai putra dari Titan Hyperion dan Theia (Hesiod) atau Euryphaessa (Homer Himne) dan kakak dari dewi Selene, bulan, dan Eos, fajar. Nama-nama ketiga juga kata-kata Yunani umum untuk matahari, bulan dan fajar.

Helios dibayangkan sebagai dewa tampan bermahkota dengan Cahaya matahari bersinar, yang mengendarai kereta matahari di langit ke bumi setiap hari-berputar-putar Oceanus dan melalui laut dunia kembali ke Timur pada malam hari. Homer digambarkan sebagai Helios kereta yang ditarik oleh kuda solar (Iliad xvi.779); kemudian Pindar menggambarkannya seperti ditarik oleh "tunggangan api-melesat" (Olimpiade Ode 7,71). Namun kemudian, kuda-kuda berapi-api diberi nama: Pyrois, Aeos, Aethon, dan Phlegon.

Dengan berlalunya waktu, Helios semakin diidentifikasi dengan dewa cahaya, Apollo. Namun, mereka tidak harus bingung sebagai dewa yang sama (Helios adalah Titan, sedangkan Apollo adalah Olimpiade). Setara dengan Helios dalam mitologi Romawi adalah Sol, Sol Invictus khusus.

Etimologi

Yang maskulin Yunani theonym Ἥλιος (Helios) adalah berasal dari kata benda ἥλιος, "Matahari" dalam bahasa Yunani kuno. Kata Yunani kuno berasal dari * soh Proto-Indo-Eropa ₂ Wl. Sol seasal dengan Latin, Sansekerta surya, Jerman sunnah, dll. Bentuk feminin dari Helios adalah Helia.

Mitologi Yunani

Kisah yang paling terkenal melibatkan Helios adalah bahwa anaknya Phaëton, yang berusaha untuk mendorong kereta ayahnya tetapi kehilangan kendali dan mengatur bumi terbakar.

Helios kadang-kadang ditandai dengan julukan Helios Panoptes ("all-melihat"). Dalam kisah yang diceritakan dalam aula Alcinous di Odyssey (viii.300ff), Aphrodite, permaisuri Hephaestus, diam-diam tempat tidur Ares, tapi semua-Helios melihat mata-mata mereka dan mengatakan Hephaestus, yang ensnares dua kekasih dalam jaring tak terlihat baik-baik saja , untuk menghukum mereka.

Dalam Odyssey, Odiseus dan awak yang masih hidup tanah Thrinacia, sebuah pulau suci bagi dewa matahari, yang Circe Hyperion bukan nama Helios. Di sana, ternak merah suci matahari disimpan:

Anda sekarang akan datang ke pulau Thrinacian, dan di sini Anda akan melihat banyak kawanan ternak dan kawanan domba milik-dewa matahari. Akan ada tujuh lembu sapi dan tujuh kawanan domba, dengan kepala lima puluh di setiap kawanan. Mereka tidak berkembang biak, juga tidak menjadi lebih sedikit jumlahnya, dan mereka cenderung oleh dewi Phaethusa dan Lampetia, yang adalah anak-anak dari dewa matahari Hyperion oleh Neaera. Ibu mereka ketika ia telah melahirkan mereka dan telah dilakukan menyusui mereka mengirim mereka ke pulau Thrinacian, yang merupakan dari jauh, untuk tinggal di sana dan merawat ternak ayah mereka dan lembu sapi.

Meskipun Odiseus memperingatkan anak buahnya untuk tidak, mereka impiously membunuh dan makan ternak Matahari. Penjaga pulau, putri Helios ', katakan ayah mereka, dan menarik Helios ke Zeus, yang menghancurkan kapal itu dan membunuh semua orang kecuali untuk Odiseus.

Dalam salah satu lukisan vas Yunani, Helios muncul naik di laut dalam cawan tripod Delphi yang muncul untuk menjadi acuan surya. Athenaeus di Deipnosophistae menceritakan bahwa, di saat matahari terbenam, Helios naik ke sebuah cangkir emas yang besar di mana ia lolos dari Hesperides di barat terjauh dari negeri Ethiops, dengan siapa ia melewati jam gelap. Sementara Heracles bepergian ke Erytheia untuk mengambil segala binatang Geryon, ia menyeberangi gurun Libya dan begitu frustrasi di panas bahwa dia menembak panah di Helios, matahari. Hampir segera, Heracles menyadari kesalahannya dan meminta maaf, pada gilirannya dan juga sopan, Helios diberikan Heracles cangkir emas yang digunakan untuk berlayar di laut setiap malam, dari barat ke timur karena dia menemukan tindakan Heracles 'sangat berani. Heracles cangkir emas ini digunakan untuk mencapai Erytheia.
Solar Apollo dengan lingkaran bersinar dari Helios di lantai mosaik Romawi, El Djem, Tunisia, akhir abad ke-2

Oleh Perse Oceanid, Helios menjadi ayah dari Aeëtes, Circe, dan Pasiphaë. anak-anak lain-Nya adalah Phaethusa ("bercahaya") dan Lampetia ("bersinar").

Helios dan Apollo

Helios kadang-kadang diidentifikasi dengan Apollo; "nama yang berbeda-beda bisa merujuk ke hal yang sama ini," mengamati Walter Burkert, "atau mereka mungkin sadar disamakan, seperti dalam kasus Apollo dan Helios" .

Dalam Homer, Apollo jelas diidentifikasi sebagai dewa yang berbeda, dealer-wabah dengan perak (bukan emas) busur dan tidak ada fitur surya.

Referensi tertentu awal untuk Apollo diidentifikasi dengan Helios muncul dalam fragmen hidup dari Phaethon bermain Euripides 'dalam sebuah pidato di dekat akhir (fr 781 N ²), Clymene, ibu Phaethon's, menyesalkan bahwa Helios telah menghancurkan anaknya, bahwa Helios yang laki-laki benar panggilan Apollo (nama Apollo di sini dipahami berarti Apollon "Destroyer").

Dengan Helenistik kali Apollo telah menjadi berhubungan erat dengan matahari dalam kultus. Matahari julukan Nya, Phoibos "bersinar", diambil dari Helios, kemudian juga diterapkan oleh penyair Latin ke Sol dewa matahari.
Koin Kaisar Romawi Konstantinus I yang menggambarkan Sol Invictus / Apollo dengan legenda soli INVICTO COMITI, c. 315.

Identifikasi menjadi biasa dalam teks-teks filosofis dan muncul dalam penulisan Parmenides, Empedocles, Plutarch dan krat dari Thebes antara lain, serta muncul dalam beberapa teks gaib. Pseudo-Eratosthenes menulis tentang Orpheus di Catasterismi, bagian 24:

"Tapi, setelah masuk kedalam neraka karena istri dan melihat hal-hal macam apa yang ada di sana, ia tidak terus Dionysus ibadah, karena yang dia terkenal, tapi dia pikir Helios menjadi yang terbesar dari para dewa, Helios yang ia juga ditujukan sebagai Apollo. membangunkan dirinya setiap malam menuju fajar dan mendaki gunung yang disebut Pangaion, dia akan menunggu matahari itu terbit, sehingga ia bisa melihat dulu Oleh karena itu Dionysus,. sedang marah padanya, mengirim Bassarides, sebagai Aeschylus cerita sedih mengatakan , mereka merobek membuatnya berbeda dan tersebar anggota badan "

Dionysus dan Asclepius kadang-kadang juga diidentifikasi dengan ini Helios Apollo.

Latin Klasik penyair matahari juga digunakan sebagai julukan untuk, matahari-dewa datang dari mana referensi umum dalam puisi kemudian Eropa untuk matahari dan mobilnya ("kereta") sebagai metafora untuk matahari. Namun dalam kasus tertentu dalam mitos, Apollo dan Helios yang berbeda. Matahari-dewa, putra Hyperion, dengan kereta matahari, walaupun sering disebut matahari ("bersinar") tidak disebut Apollo kecuali dalam identifikasi non-tradisional tujuan.

Meskipun identifikasi, Apollo tidak pernah benar-benar digambarkan oleh para penyair Yunani mendorong kereta matahari, meskipun praktik umum di antara para penyair Latin .. Oleh karena itu, Helios masih dikenal sebagai dewa matahari '' - orang yang mendorong kereta Ming di langit setiap hari.

Cult of Helios

L.R. Farnell diasumsikan "bahwa matahari-ibadah dulu lazim dan kuat antara orang-orang dari budaya pra-Hellenic, tetapi sangat sedikit masyarakat periode kemudian bersejarah dipertahankan sebagai faktor potensial agama negara". Loteng kami sebagian besar sumber sastra cenderung memberi kita bias Athena tidak dapat dihindari ketika kita melihat agama Yunani kuno, dan "tidak Athena bisa diharapkan untuk Helios menyembah atau Selene," mengamati J. Burnet, "tetapi ia mungkin berpikir mereka menjadi dewa, sejak Helios adalah dewa besar Rhodes dan Selene dipuja di Elis dan di tempat lain "James A. Notopoulos Burnet menganggap ini adalah perbedaan artifisial:" Untuk percaya pada keberadaan para dewa melibatkan pengakuan melalui ibadah, sebagai Undang-Undang 87 D,. E menunjukkan "(catatan, hal 264) [7 Damai] Aristophanes '(406-13). kontras penyembahan Helios dan Selene dengan yang lebih dasarnya Olympians Dua Belas Yunani, sebagai wakil dewa dari Persia Achaemenid; semua menunjukkan bukti bahwa Helios dan Selene adalah dewa-dewa kecil untuk orang-orang Yunani.

Colossus Rodos

"Pulau Rhodes hampir satu-satunya tempat di mana Helios menikmati sebuah kultus yang penting", Burkert menegaskan (p 174), proses ritual yang spektakuler di mana seorang Quadriga, kereta yang ditarik oleh empat ekor kuda, didorong di atas tebing ke laut, dengan nada atas penderitaan Phaethon dicatat. Ada senam turnamen tahunan diadakan untuk menghormatinya. The Colossus Rodos adalah didedikasikan untuk dia. Helios juga memiliki kultus yang signifikan terhadap acropolis Korintus pada kutipan Yunani daratan.

Ketegangan antara pemujaan tradisional keagamaan arus utama Helios, yang telah menjadi diperkaya dengan nilai-nilai etika dan simbolisme puitis di Pindar, Aeschylus dan Sophocles,dan pemeriksaan proto-ilmiah Ionia dari Helios Matahari, sebuah fenomena orang-orang Yunani disebut studi Meteora, bentrok dalam persidangan Anaxagoras ca 450 SM, pendahulu dari pengadilan budaya traumatis dari Socrates untuk irreligion, di 399.

Helios Etruscan

Etruscan dewa matahari, setara dengan Helios, yang Usil. Namanya muncul pada hati perunggu dari Piacenza, sebelah Tiur, bulan. Ia muncul, naik dari laut, dengan bola api di kedua tangan terulur, pada cermin perunggu berukir dalam gaya kuno Etruscan terlambat, sebelumnya pada Roma pasar barang antik. Pada cermin Etruscan dalam gaya klasik, dia muncul dengan sebuah halo.

Helios Megistos

Akhir Kuno Dalam sebuah kultus Helios Megistos ("Great Helios") menarik untuk citra Helios sejumlah unsur sinkretis, yang telah dianalisis secara detail oleh Wilhelm Fauth melalui serangkaian teks Yunani akhir, yaitu: sebuah mantra gaib Himne Helios; yang Mithras disebut Liturgi, mana Helios aturan unsur-unsur, dan mantra invoking Helios antara Papyri Magical Yunani, sebuah Himne Helios oleh Proclus; Orasi Julian untuk Helios, stand terakhir paganisme resmi; dan sebuah episode dalam Nonnus 'Dionysiaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harry Potter Photos Widget