Myspace LayoutsMyspace Layouts

Harry Potter Search Engine

Monache.com Community Login Box

Minggu, 29 Mei 2011

Dewa Dewi Langit

DEWA DEWI LANGIT
PENCIPTA SIANG DAN MALAM

Pada Zaman Khaos, di kekosongan yang dalam dan gelap, muncullah Gea, Dewa Bumi. Lalu berturut-turut muncul Uranus, Dewa Langit serta Eter, udara biru yang senantiasa menyelimuti dan memberi kehidupan di bumi. Sejak itulah kehidupan di bumi ini berlangsung.

Dari pernikahan Gea dan Uranus, lahir dua belas raksasa yang disebut Titan. Mereka amat kuat lagi perkasa. Lahir juga Siklopi, raksasa bermata satu serta tiga raksasa lainnya yang bertangan seratus. Namun ternyata Khronos, Titan yang paling perkasa sangat membenci ayahnya. Ia mengusir Uranus dari tahtanya. Sembari berlari, Uranus yang malang berteriak marah, “Khronos, akan tiba waktunya seperti ini! Kau akan diusir anakmu sendiri, bagai yang telah kau lakukan terhadapku!”.

Khronos memerintah dengan kejam. Bumi dan langit berduka. Tiap mengingat sumpah ayahnya, Khronos menjadi khawatir dan akhirnya dipenjaralah semua saudaranya di kegelapan bumi. Tak hanya itu, ia selalu menelan anak-anak yang lahir dari istrinya, Rhea.

Tiap kali Rhea meratap pilu, Khronos membentak, “”Diam kau! Aku hanyalah melindungi diri dari kekejaman anak yang akan mengusirku dari tahta. Jika anak itu kupenjara dalam perut ini, bagaimana mungkin ia akan mengusirku? Ha-ha-ha”

Rhea tak putus asa dan saat lahir anak laki-lakinya, Yupiter, wanita pemberani ini bohong pada suaminya. Diserahkannya batu besar, yang segera ditelan Khronos tanpa curiga sedikitpun. Bayi mungilnya disembunyikan di Pulau Kreta, Yunani.

Tahun-tahun pun berlalu, Yupiter tumbuh sehat, kuat dan tampan. Pemuda itupun menelusuri asal-usulnya. Setelah tahu, dengan bantuan Gea, Yupiter membebaskan saudara-saudaranya, diantaranya Pluto dan Neptunus. Peperangan melawan ayahnya yang jahat pun berlangsung puluhan tahun.

Akhirnya peperangan hebat antara anak dan ayah itu dimenangkan Yupiter.Dengan bijaksana, dikuasainya langit dan bumi. Yupiter pun adil, titahnya, “Neptunus kau kutugaskan untuk menguasai laut, dan kau Pluto, tugasmu menguasai kerajaan maut”.

Dari perkawinan Yupiter, lahirlah dewa-dewi yang besar peranannya baik di langit maupun di bumi. Di antaranya adalah Venus, Dewi Keindahan dan Mercurius, utusan para dewa.

Kehidupan di bumi berangsur-angsur membaik kembali. Matahari terbit dan menerangi bumi bergantian dengan sang malam sebagaimana adanya kini.

Bila malam tiba, Selene, Dewi Bulan dengan busana panjang berwarna putih, muncul mengendarai kereta yang ditarik sapi-sapi jantan bertanduk melengkung. Dalam keheningan malam, Selene yang cantik akan melayang mengarungi langit, diantara mega-mega. Ia memancarkan cahaya lembut keperakan ke bumi.

Saudara Selene, Eos, Dewi Fajar, bersama Astreus melahirkan bintang-bintang yang menghias langit di malam hari, juga Dewa-Dewa empat macam angin. Dewa Angin Timur, Dewa Angin Barat, Dewa Angin Utara dan Dewa Angin Selatan. Tiupan dari mulut para dewa ini mempengaruhi musim di bumi dan gelombang di lautan luas.

Bila malam hampir berakhir, Eos menjemput saudara laki-lakinya, Helios, Sang Dewa Matahari. Dengan busana bagai jaring-jaring halus berwarna kuning, pelan-pelan Eos menembus kegelapan malam. Tangan kirinya menjinjing pot berisi air dingin, sedangkan tangan kanannya tak henti menebarkan embun ke atas bumi. Itulah sebabnya, dedaunan, bebungaan dan padang rumput selalu berembun di pagi hari.

Usai menebar embun yang berkilau bak mutiara, Eos membuka gerbang istana emas Helios. Dewa Siang pun muncul berkereta dengan tarikan kuda-kuda bersayap. Saat Helios muncul di horison, perjalanan harian setiap makhluk dimulailah. Ia tebarkan cahaya ke sekitarnya, menghangatkan bumi dan memberi kehidupan kepada semua makhluk.

Begitu malam mendekat, Dewa Helios menghilang, bergantian dengan Dewi Selene. Para Dewa ini bekerja tanpa mengenal lelah. Konon, masyarakat Yunani sangat menghormati dan menghargai kerja keras para dewanya. Khususnya para dewa yang menjadikan adanya siang dan malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harry Potter Photos Widget